Tips Untuk Membeli Saham IPO

Sebelum memutuskan untuk membeli saham perdana suatu perusahaan tertentu, ada beberapa hal yang layak menjadi perhatian Anda.

    • Berapa banyak jumlah saham yang akan diterbitkan – Investor hendaknya waspada jika jumlah saham yang dilepas hanya sedikit, karena ada kemungkinan bahwa saham tersebut tidak likuid. Tetapi apabila jumlah saham yang ditawarkan banyak berarti saham akan semakin likuid.

  • Memperhatikan reputasi penjamin emisi perusahaan yang go public – lakukan penyelidikan mendalam tentang profesionalitas penjamin emisi saat menawarkan saham. Bila banyak permitaan akan saham tertentu dibanding jumlah saham yang ditawarkan atau oversubscribe, pelaksanaan penawaran IPO yang sukses, dan nilai saham yang terus meningkat seusai listing, maka dapat dikatakan penjamin cukup kompeten dalam menangani IPO saham.
  • Mengetahui dengan jelas perusahaan emiten – sebelum membeli saham perdana selayaknya Anda tahu secara pasti tentang calon emitennya. Misalnya tentang sektor kerja perusahaan, laporan keuangan dalam 3 tahun terakhir, perbandingan kinerja perusahaan yang go public dengan perusahaan lain yang bergerak pada sektor yang sama, dan lain-lain. Sangat direkomendasikan membeli saham perdana milik perusahaan yang profesional, kredibel, dan sudah jelas reputasinya di tanah air. Yang terakhir adalah memperhatikan nilai price earning rationya. Saham dikatakan berprospek bagus bila pertumbuhan kinerjanya baik dengan nilai PER yang tinggi. Tetapi Anda harus waspada jika PER bernilai tinggi tetapi growth rendah.
  • Peminat saham IPO- Perhatikanlah peminat saham IPO saat perusahaan menjadi go public. Jika investor asing ikut memburu saham tersebut, maka peluang kenaikan nilai saham tersebut besar karena potensi kinerja emiten diyakini baik. Tetapi bila suatu saham tertentu hanya diminati oleh investor lokal maka ini bisa menjadi pertanda bahwa saham tersebut tidak terlalu berprospek bagus.

Bila memutuskan untuk menginvestasikan dana Anda dengan membeli saham IPO maka Anda harus banyak membekali diri dengan beragam informasi agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Investasi sekuritas memang benar berpeluang memberikan Anda penghasilan yang tidak terbatas tetapi juga resiko besar yang harus diantisipasi dengan strategi tertentu.

Posted in Belajar Saham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*