Broker Saham Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Bagi masyarakat awam yang belum mengenal investasi sekuritas tentu kata-kata “saham”, “broker saham terbaik”, “pialang saham online”, dan lain-lain adalah sesuatu yang asing dan membingungkan. Secara singkat saham dapat diartikan sebagai surat berharga yang menunjukkan seseorang atau suatu badan usaha merupakan pemiliki dari perusahaan tertentu tak peduli seberapa besar nilai saham tersebut atau porsi kepemilikannya. Saat ini bisnis sekuritas berupa saham, trading valas (forex), binary options, semakin diminati karena peluang untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi walaupun disertai dengan ancaman resiko yang tinggi pula.

Keuntungan Berinvestasi Pada Saham


broker saham online terbaik terpercaya IndonesiaPerusahaan go public dengan menerbitkan saham dengan tujuan untuk menambah modal perusahaan yang akan digunakan untuk mengembangkan perusahaan, operasional perusahaan, ekspansi wilayah, dan sebagainya. Keuntungan yang didapatkan oleh investor saham perusahaan antara lain capital gain atau laba yang didapatkan saat seseorang berhasil menjual sahamnya dengan harga yang lebih tinggi dari harga belinya. Selain capital gain, pemilik saham juga berhak mendapatkan deviden atau pembagian profit perusahaan yang diberikan pada tiap jangka waktu tertentu, misalnya setiap semester atau setiap tahun.

Nilai saham suatu perusahaan tidak tetap atau fluktuatif. Bahkan, penurunan atau kenaikan harga bisa saja terjadi secara tajam karena suatu kondisi tertentu di market global. Misalnya saat terjadi krisis ekonomi, kebanyakan penduduk akan lebih mengutamakan kebutuhan pokok seperti makanan dan pakaian daripada barang mewah seperti mobil. Peristiwa ini akan berdampak pada saham perusahaan baja, karena permintaan baja sebagai bahan baku mobil mengalami penurunan sehingga keuntungan perusahaan pun akan turut berkurang. Kondisi yang fluktuatif ini bagi sebagaian orang adalah tantangan dalam menentukan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual saham yang dimilikinya.

Broker Saham dan Perannya

Jika Anda tertarik dengan investasi ini Anda harus mendaftar lebih dahulu untuk memiliki akun pada sebuah perusahaan broker saham terbaik. Perusahaan ini berperan sebagai perantara antara investor dengan bursa efek, sehingga Anda mempunyai akses untuk bisa melakukan transaksi sekuritas ini pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Secara sederhana, setelah Anda menyetor deposit sesuai dengan jumlah yang telah ditetapkan maka Anda akan memungkinkan untuk melakukan transaksi alias trading. Kesuksesan seorang trader dapat dipengaruhi oleh broker saham yang dipilih sebagai mitranya. Oleh karena itu, sebagai pemula Anda harus jeli untuk memilih broker saham terbaik Indonesia.

Tips Memilih Broker Saham Terpercaya

Berikut ini adalah beberapa tips memilih broker saham terpercaya, untuk meminimalisir kerugian yang bisa terjadi akibat broker yang tidak handal.

  • Perusahaan broker merupakan anggota Bursa efek Indonesia

Saat Anda tertarik dengan berbagai promosi menggiurkan pada perusahaan broker tertentu dan berniat untuk membuka akun, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa perusahaan yang bersangkutan terdaftar sebagai anggota Bursa Efek Indonesi (BEI). Anda dapat melihat daftarnya pada website BEI, www.idx.co.id.

  • Perusahaan broker pelat merah

Jika Anda termasuk orang yang tidak mau mengambil resiko terjebak pada perusahaan pialang ilegal, Anda dapat mendaftarkan akun Anda pada broker pelat merah. Broker pelat merah adalah perusahaan broker saham terpercaya karena milik pemerintah. Tetapi perusahaan jenis ini biasanya menetapkan komisi transaksi yang relatif besar dibanding broker pelat hitam.

  • Deposit

Jumlah deposit yang harus disetorkan oleh calon trader dapat juga menjadi bahan yang patut dipertimbangkan. Ada berbagai macam jumlah setoran awal, misalnya 10 juta rupiah yang diperuntukkan bagi investor kaum muda, pemula, atau mahasiswa dan masyarakat awam, dan 50 juta rupiah yang membidik investor dari kalangan menengah ke atas.

  • Komisi transaksi

Setiap transaksi yang Anda lakukan tentu akan dikenakan harga tertentu yang disebut komisi untuk mendapatkan profit bagi perusahaan broker. Untuk transakasi pembelian saham, trader akan dikenakan harga rata-rata antara 0,1 hingga 0.3%, sementara untuk komisi penjualan saham adalah 0,2 hingga 0,4%. Sebagai trader tentu kita harus mencari perusahaan broker dengan biaya transaksi serendah mungkin.

Jika Anda adalah investor pemula dengan modal yang terbatas sebaiknya jangan memilih perusahaan broker yang menetapkan minimal komisi perhari karena hal ini merugikan Anda. Komisi per hari artinya, biaya komisi yang dikenakan terjangkau tetapi dalam satu hari Anda harus melakukan sekian kali transaksi. Tetapi jangan khawatir karena hal ini sesungguhnya dapat dinegosiasikan dengan perusahaan pialang Anda. Atau Anda bisa juga memilih jenis trading online pada perusahaan broker saham online terbaik. Pada umumnya trading dengan metode canggih ini menetapkan komisi yang relatif terjangkau.

  • Fasilitas bagi pemula

Apabila Anda adalah newbie yang baru saja terjun sebagai trader saham pada bursa saham, sebaiknya pilihlah perusahaan broker yang menyediakan fasilitas berupa rekomendasi saham perusahaan yang harus ditransaksikan. Fasilitas ini akan membantu Anda yang belum mahir melakukan analisis pasar secara mandiri.

  • Online trading

Transaksi saham pada bursa saham memang dapat dilakukan di kantor broker atau melalui telepon, tetapi seiring dengan majunya perkembangan teknologi modern, transaksi ini dapat Anda lakukan dengan berbagai perangkat canggih seperti smartphone atau tablet yang ringkas dengan fasilitas internet. Jika model transaksi seperti ini yang lebih Anda sukai, maka Anda dapat mempertimbangkan perusahaan broker saham online terbaik untuk mendaftarkan akun Anda. Dengan demikian analisa pasar atau transaksi dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun selama ada sambungan internet.

  • Software handal

Semua perusahaan trading online selalu menyediakan fasilitas software trading sendiri. Anda dapat mencoba platform trading ini pada akun demo, atau mendownload software dari internet walaupun Anda belum mendaftar pada akun riil perusahaan terkait. Perusahaan broker saham terbaik pasti menyediakan software yang user friendly, stabil, dan paling nyaman untuk trading online Anda.

  • Data real time

Data real time dibutuhkan bagi trader yang bermain pada bursa saham sebagai investasi jangka pendek. Sementara bagi Anda investor jangka panjang, data real time ini tidak dibutuhkan. Pada umumnya trader dikenakan biaya sekitar 30 ribu rupiah per bulan untuk data real time, atau gratis tetapi trader harus melakukan transaksi dengan nilai komisi lebih besar daripada biaya data real time.

  • Kelengkapan fitur

Seperti yang telah disebutkan bahwa perusahaan broker saham terbaik pilihan Anda dapat menjadi faktor yang berdampak pada kesuksesan Anda bertrading. Penyebabnya adalah fitur lengkap yang disediakan perusahaan-perusahaan terkait akan semakin memudahkan Anda untuk mengambil keputusan dalam transaksi saham. Indikator analisa teknikal yang lengkap, up date berita teraktual, informasi laporan keuangan yang akurat, dan riset saham dapat menjadi kategori yang layak Anda pertimbangkan dalam memilih perusahaan broker.

  • Fasilitas stop loss atau trailing stops

Periksa perusahaan broker incaran Anda apakah memiliki fasilitas stop loss atau trailing stops yang berfungsi untuk memperkecil resiko dalam bertrading. Untuk meminimalkan jumlah kerugian tidak ada salahnya Anda memilih broker saham online terbaik Indonesia yang mempunyai fasilitas tersebut.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk memilih broker saham terbaik dan terpercaya. Carilah informasi sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan broker saham yang paling dapat memenuhi segala kebutuhan Anda dalam bertrading.

Posted in Belajar Saham
One comment on “Broker Saham Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
  1. alpin says:

    ingin beli saham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*