Apa itu Contract for Difference (CFD)

Menjalankan bisnis penjualan saham memang akan memberikan keuntungan yang besar untuk anda. Namun modal yang harus dikeluarkan juga cukup besar untuk bisa menjalankannya dengan baik. Jika anda tidak memiliki modal yang cukup besar, tidak perlu khawatir karena anda bisa mencoba untuk melakukan transaksi CFD. Mungkin anda masih bingung mengenai apa itu CFD yang memang masih memiliki keterkaitan dengan saham yang biasa anda kenal.

Apa itu Contract for Difference (CFD)Bagi anda yang belum memahaminya contract for difference (CFD) adalah instrumen keuangan dan turunan dari saham dalam bentuk kontrak derivatif. Kontrak tersebut juga merupakan perjanjian dari dua pihak yang akan membayar perbedaan harga jual ataupun harga beli. Sehingga anda bisa menghemat modal anda untuk mengatasi biaya lain yang harus dikeluarkan.

Memetik Manfaat Contract For Difference Untuk Keuntungan Anda

Sebelum memasuki dunia kontrak tersebut, anda tentunya perlu memahami mengenai pengertian CFD secara lebih mendalam karena akan menjadi dasar utama dalam menjalankan salah satu bisnis turunan saham tersebut. Sehingga anda bisa menemukan strategi dan langkah yang tepat untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Selain itu, anda juga akan mampu untuk mengatasi setiap masalah yang harus anda hadapi. Meskipun modal yang digunakan tidak terlalu besar, namun bukan berarti memiliki resiko yang kecil pula.

Dari contract for difference (CFD) anda bisa mendapatkan berbagai manfaat. Baik hal tersebut untuk pengalaman dan profit yang akan anda peroleh dari transaksi kontrak tersebut. Berikut beberapa manfaat yang bisa anda rasakan.

  • Dalam transaksi CFD anda bisa menggunakan leverage dan juga diversifikasi resiko. Sehingga anda bisa membuat lebih dari 5 CFD dengan modal yang sama dengan jika anda melakukan satu kali transaksi saham
  • CFD memberikan kesempatan hedging yang sempurna karena terjadi hubungan harga dan kuantitas antara saham dan CFD. Dengan melakukan hedging maka modal yang harus anda keluarkan akan lebih kecil, keuntungan dari CFD tidak akan mendapatkan pajak dan anda juga tidak perlu melakukan likuidasi posisi saham anda

Kedua keuntungan tersebut bisa anda dapatkan jika anda menjalankan contract for difference (CFD) dibandingkan saham. Namun anda tetap harus melatih diri untuk bisa menjalankan CFD dengan baik dan mendapatkan keuntungan seperti yang anda harapkan. Selain itu, anda juga perlu mengenal beberapa komponen dan detail dari CFD yang pada beberapa bagian memang memiliki kesamaan dengan saham yang biasa.

Jika anda tertarik untuk menjalankan contract for difference (CFD) tentu anda harus memahami strategi jitu yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan keuntungan. Selain itu, langkah yang perlu dilakukan beserta aturan yang berlaku juga perlu anda pahami agar tidak sampai tertipu atau mendapatkan resiko yang lebih besar lagi. Perkembangan harga saham dunia perlu menjadi perhatian karena hal tersebut juga dapat mempengaruhi CFD.

Fitur Unggul dari Contract For Difference

Dalam menjalankan sebuah usaha tentu anda harus bisa mendalaminya sebelum mampu memperoleh keuntungan yang akan meningkat secara signifikan. Termasuk adanya berbagai fitur yang mengikuti contract for difference (CFD) perlu menjadi informasi yang harus anda kumpulkan dan pahami. Memang untuk bisa menjalankan dan mengembangkan instrumen keuangan tersebut anda harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan secara global.

Berikut fitur yang bisa anda gunakan dari contract for difference (CFD) dan membantu anda dalam menjalankan usaha CFD saham yang anda jalankan.

  • Leverage
    Untuk jaminan yang diberikan akan bergantung pada transaksi alat CFD yang ditentukan 10% dari posisi terbuka. Sedangkan untuk CFD dengan bursa komoditi berjangka akan ditentukan secara individu untuk setiap kontrak yang dilakukan
  • Waktu transaksi
    Waktu untuk melakukan transaksi akan ditentukan dalam spesifikasi dari masing-masing kontrak tersebut.
  • Spread
    Yang digunakan untuk semua CFD adalah floating spread
  • Komisi trading
    Untuk saham sebesar 0,12% dari jumlah nilai saham komisi akan dihitung dengan jumlah lot x 100 x harga pembukaan x 0,12%. Sedangkan untuk CFD komoditi akan diberikan komisi trading $13 setiap 1 lot
  • Akhir dari komoditi CFD
    Berbagai instrumen keuangan bisa ditransaksikan pada waktu tertentu dan setelah itu semua posisi yang ada harus ditutup. Jika tidak dilakukan maka posisi tersebut akan ditutup secara otomatis dengan kondisi harga yang berlaku pada saat itu

Baca Juga : Apa itu Spread, Leverage dan Margin dalam Trading

Beberapa hal tersebut memang harus menjadi sesuatu yang anda perhatikan karena meruoakan komponen penting yang akan anda temui selama melakukan transaksi contract for difference (CFD) dan memperoleh keuntungan dari instrumen keuangan tersebut. Selain itu anda juga perlu untuk mengawasi setiap pergerakan harga saham yang terjadi di kancah dunia agar anda bisa mengambil celah yang tepat untuk mendapatkan keuntungan.

Ada beberapa strategi yang bisa anda lakukan dalam menjalankan contract for difference (CFD). Misalnya saja strategi dividen yang bisa anda terapkan. Strategi ini akan menguntungkan karena setiap keuntungan yang anda dapatkan tidak akan dikenakan pajak dan perhitungannya didasarkan pada nilai kontrak originalnya. Sehingga anda bisa menggandakan keuntungan yang akan anda dapatkan dari modal yang tidak terlalu besar. Namun anda harus berhati-hati karena jika anda mempertahankan posisi CFD terlalu lama maka bunga yang harus anda bayarkan juga akan semakin besar. Sehingga anda harus memperhitungkan mengenai hal tersebut.

CFD bisa memberikan keuntungan besar bagi anda karena anda bisa mendapatkan posisi sampai 10 kali dari jumlah margin yang bisa anda ambil. Sehingga leverage yang dimiliki oleh CFD akan lebih besar karena hutang yang bisa anda dapatkan juga besar. Dengan adanya hutang yang besar maka resiko yang bisa anda hadapi tentu besar pula. Untuk itu, anda harus menyiapkan diri untuk bisa menemukan solusi yang tepat.

Untuk bisa menjalankan CFD dengan baik, mungkin sebaiknya anda harus melatih diri dengan menjalankan saham terlebih dahulu. Sehingga anda bisa lebih mengenal berbagai istilah dan teknik dalam bisnis instrumen keuangan tersebut karena contract for difference (CFD) merupakan turunan dari saham atau obligasi. Berbagai kesamaan yang ada antara CFD dengan saham tentu akan membantu anda dalam mendapatkan keuntungan.

Dengan memanfaatkan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh CFD maka anda akan mampu untuk mengembangkan kontrak yang anda miliki. Memperhatikan posisi dari CFD anda juga tentunya perlu dilakukan untuk meminimalisasi resiko yang akan anda dapatkan. Menaati kontrak atau perjanjian yang telah dibuat menjadi bagian yang utama dalam contract for difference (CFD) sehingga anda tidak akan menyalahi aturan yang sudah ditentukan.

Untuk melakukan contract for difference (CFD) tentunya juga bisa mendapatkan keuntungan dengan cara yang lebih simpel dan mudah. Hal tersebut dikarenakan anda tidak perlu melakukan rapat direksi karena tidak memiliki hak voting. Sehingga anda bisa melipatgandakan keuntungan tanpa harus melakukan banyak hal. Anda juga bisa melikuidasiposisi kapanpun anda inginkan.

Posted in Belajar Saham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*